Harga Discount

Untuk mendapatkan harga DISKON spesial & layanan pesan antar GRATIS, hubungi kami (021) 9833 0857; (021) 27459400; 08158793215

www.saung.amanah.com
www.sarungpekalongan.blogspot.com
email : saung.amanah@yahoo.com



Minggu, 03 Juli 2011

Silsilah Hadits Shahih

Silsilah Hadits Shahih

Penulis : Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani
Penerbit : Pustaka Imam Syafii
Harga : Rp 120.000 / jilid


Jilid 1 : Akhlak; Perbuatan Baik; Hubungan Sesama Manusia; Adab Meminta Izin; Adzan; Shalat; Kurban; Makanan; Hewan Sembelihan; Minuman; Aqiqah; Iman; Tauhid; Agama; Qadar; Sumpah; Nadzar; Kafarat; Berlemah Lembut Terhadap Binatang; Jual Beli; Usaha; Zuhud


Jilid 2 : Taubat; Muamalah; Pelembut Hati; Surga; Neraka; Hukum; Nasehat; Baiat; Ketaatan; Menyayangi Binatang; 
Kedermawanan; Pernikahan; Puasa; Shalat Malam; Sirah Nabawi; Sifat Nabi; Haji; Umroh; Jihad; Perang; Adil Kepada Istri; Anak; Mendidik Anak; Memberi Nama Anak; Safar; Hudud; Pengobatan; Menjenguk Orang Sakit; Thaharah; Wudhu Khilafah; Pemerintahan; Zakat; Sedekah; Hibah; Ilmu; Sunnah; Hadits Nabi


Jilid 3 : Fitnah; Tanda Kiamat; Do'a; Dzikir; Ruqyah; Keutamaan Al Qur'an; Pakaian; Gambar; Perhiasan; Permainan; Wahyu; Jenazah; Kubur; Sakit; Keajaiban Makhluk; Pujian; Celaan;
Para Nabi; Tazkiyatun Nufus; Berbagai Masalah Terpisah


Tak ada yang meragukan keahlian Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah dalam penelitian hadits, salah satu karya besar beliau dalam bidang ilmu hadits adalah Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah yang kemudian dikenal dengan Ash-Shahiihah.

Ash-Shahiihah adalah hadits-hadits yang beliau kumpulkan dari berbagai kitab hadits yang haditsnya berderajat Hasan dan Shahih.

Dalam penyusunannya beliau membuat bab-bab yang terdiri dari satu atau lebih hadits kemudian beliau terangkan Takhrij-nya dan beliau keluarkan dari hadits tersebut hukum-hukumnya. Kitab tersebut akhirnya menjadi salah satu rujukan dalam menentukan derajat suatu hadits.

Syaikh Masyhur Hasan Alu Salman (salah satu murid beliau) mengumpulkan seluruh matan hadits dari kitab tersebut dan meletakkan hadits-hadits sesuai dengan pembagian bab yang telah disusun Syaikh al-Albani rahimahullah dalam daftar isi kitabnya (Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah).

Tujuannya agar orang-orang yang tidak memiliki spesialisasi keilmuan dalam ilmu hadits dapat membaca dan menelaah kitab ini dengan mudah. Sekaligus kitab ini menjadi bekal bagi para peneliti, para khathib, da'i dan para pemberi nasihat. Karena dengan memisahkan takhrij sanad hadits yang panjang dari matannya pada kitab as-Shahiihah ini, mereka dapat mencari hadits yang mereka inginkan dengan cepat dan mudah.

Adapun metode yang digunakan Syaikh Masyhur Hasan Alu Salman dalam memisahkan matan-matan hadits pada kitab ash-Shahiih dari sanadnya adalah sebagai berikut:

1. Mencantumkan nama sahabat yang meriwayatkan hadits beserta latar belakang hadits tersebut jika ada.
2. Mencantumkan matan-matan hadits berdasarkan urutan angka.
Kemudian pada akhir matan tersebut, menyebutkan nomor haditsnya dari kitab Silsilah ash-Shahiihah di dalam tanda kurung.
Dalam hal ini, tidak disebutkan satupun jalur-jalur periwayatannya maupun rujukannya dari kitab-kitab hadits.
3. Ditemukan beberapa hadits yang dicantumkan berulang-ulang dalam banyak tempat, maka beliau mencantumkan hadits-hadits yang berkaitan dengannya yang tercantum dalam lima jilid pertama kitab as-Silsilah ash-Shahihah, dan meletakkan hadits-hadits yang berkaitan dengan bab ini yang ditemukan pada jilid keenam dan jilid ketujuh di bawah nomor hadits di depan.
4. Hadits-hadits yang diulangi penyebutannya oleh Syaikh al-Albani rahimahullah pada lebih dari satu bab, maka dicantumkan saja seperti apa adanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar